Objek Wisata Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur Pulau Kalimantan bagian ujung timur yang berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi. Luas total Kaltim adalah 245.238 km², Ibukotanya adalah Samarinda.berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan Selat Makassar di timur. Di sebelah barat, utara dan selatan, Kaltim berbatasan langsung dengan Malaysia, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Titik tertinggi di Kaltim adalah Liangpran dengan ketinggian mencapai 2.240 meter dari permukaan laut, Kalimantan Timur memiliki kekayaan flora dan fauna. Di Kalimantan Timur kira-kira tumbuh sekitar 1000-189.000 jenis tumbuhan, dengan visi wisata terwujudnya kalimantan timur sebagai daerah tujuan wisata minat khusus yang berbasis alam dan budaya menuju kesejahteraan masyarakat yang berkesinambungan.


KAWASAN WISATA BUKIT BANGKIRAI

Objek Wisata Kalimantan Timur
Pintu Gerbang Kawasan Wisata Bukit Bangkirai
Kawasan wisata alam Bukit Bangkirai merupakan hutan alam yang dekat dengan kota  dan berfungsi sebagai monumen hutan hujan tropis di Kalimantan Timur. Hutan hujan tropis ini didominasi tumsuh-tumbuhan dari famili Dipterocarpaceae.seluas 1500 Ha
Bukit Bangkirai berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun lebih dekat bila ditempuh dari kota Balikpapan. Sebuah kawasan wisata hutan alam ini menjadi salah satu tempat observasi yang banyak dikunjungi oleh wisman maupun wisatawan lokal. Masuk ke kawasan Bukit Bangkirai ini dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk dewasa, Rp 1000 untuk anak-anak, dan Rp 4000 untuk parkir mobil.
semakin masuk ke kawasan ini anda akan menjumpai “Canopy Bridge”. Berupa jembatan setinggi 30 M yang terbentang dari pohon Bangkirai yang satu ke pohon Bangkirai yang lain. Disini andrenalin anda akan ditantang dan untuk menaiki jembatan ini, dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per orang. Areal ini juga dilengkapi “green house” untuk berbagai jenis anggrek, dan area Outbond. Adapun fasilitas di kawasan Wisata Alam Bukit Bangkirai :
Objek Wisata Kalimantan Timur
Canopy Bridge
Objek Wisata Kalimantan Timur
Canopy Bridge
 a. Canopy Bridge
b. Rumah Besar Lamin
c. Pondok Penginapan (Cottage)
d. Jalan Setapak (Trek)
e. Koleksi Anggrek dan Kebun Buah-buahan Hutan
f.  Area Perkemahan
g.  Program Adopsi Pohon dan Tanaman Memorial
h. Pelatihan Outbond.

SAMBOJA LODGE

Objek Wisata Kalimantan Timur
Samboja Lodge
Samboja Lodge/BOS merupakan Tempat perlindungan bagi Orang Utan(Pongo Pygmaeus) dan Beruang Madu (Helarctos Malayanus). Wilayah ini merupakan hasil reboisasi yang memiliki lebih dari 740 jenis pohon asli Kalimantan. Disini terdapat enam pulau Orang Utan. Selain itu area seluas 159 hektar juga telah dialokasikan untuk pengembangan arboretum, sebuah tanam ilmiah besar, dimana sekitar 5.000 spesies pohon asli Kalimamtan dan sub-spesies akan ditanam.
Objek Wisata Kalimantan Timur

Dilengkapi juga dengan tempat peristirahatan berupa Pondok Alam unik nan indah yang dibangun dengan menggunakan bahan-bahan alam yang bisa di daur ulang dengan gaya arsitektur lokal. Pondik ini dikelilingi dengan hijau pepohonan, danau air asin dan pemandnagan langsung ke Pulau Orang Utan. Walau terletak di Wilayah Kutai Kartanegara, namun cara termudah untuk mencapainya adalah melalui Kota Balikpapan (berjarak sekitar 35 Km dari Kota Balikpapan).

BATU DINDING

Objek Wisata Kalimantan Timur
Batu Dinding
Batu Dinding atau Batu Tenvang merupakan batu kapur yang mendingdingi dengan kokoh di sisi kiri dan kanan Sungai Mahakam. Batuan ini dapat kita lihat di perjalanan menuju Long Pahai dan Long Apari. Pada jaman dahulu bebatuan ini digunakan sebagai tempat meletakkan peti mati (lungun) suku Bahau. Lungun ini menambah indahnya panorama alam yang ada di Ulu Mahakam. Salah satu wisata alam yang menarik dan menantang adalah menelusuri hulu sungai Mahakam. Di sepanjang hulu Sungai Mahakam kita dapat menyaksikan keindahan alam, pepohonan serta beberapa jenis anggrek alam.
Disamping itu terdapat juga tebing batu dinding yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Long Bangun.Wisata alam batu dinding dapat ditempuh dengan kapal sungai menuju Long Bagun. Di sepanjang perjalanan menuju hulu Sungai Mahakam tersebut, kita dapat singgah sejenak dan menikmati berbagai perkampungan suku Dayak di wilayah Kabupaten Kutai Barat yang sangat alami. Di kawasan ini terdapat legenda Batuq Ayau , yaitu kawasan bebatuan yang dipercaya sebagai tenpat pembuangan kepala musuh pada saat terjadinya perang antar suku di masa lalu. Perang tersebut sering disebut dengan istilah Mengayau. Gunung Batu ini juga nerupakan batas wilayah Propinsi Kalimantan Timur dengan Propinsi Kalimantan Tengah.

LIANG MANGKULANGIT

Objek Wisata Kalimantan Timur
Liang Mangkulangit
Liang Mangkulangit atau bahsa penduduk setempat berarti Goa Mengangkat Langit yang diberikan oleh penemunya. Dibawahnya terdapat aliran sungai Kandilo. Lama perjalanan yang ditempuh kurang lebih 45 menit dari Muara Komam atau kurang lebih 10 Menit dari Desa Muara Kuaro.

GOA LOSAN

Objek Wisata Kalimantan Timur
Goa Losan
Lokasi goa ini terletak ditepi jalan raya Tanah Grogot- Banjarmasin atau berjarak ± 80 Km dari Ibukota Tanah Grogot. Terdapat berbagai stalagtit dan stalagmite yang berwarna putih kekuningan, salah satunya membentuk batu melodi alami yang bila di pukul dapat mengeluarkan tangga nada. Goa Losan dalam bahasa Paser berarti goa tembus, dimana goa ini sangat besar dan luas. Habitat ribuan kelelawar dan burung walet juga berada di dalam goa tersebut sehingga menamah eksotisme goa alam ini.

GOA TENGKORAK

Objek Wisata Kalimantan Timur
Goa Tengkorak
Objek wisata ini terletak sekitar 4 Km dari jalan Trans Balikpapan-Banjarmasin tepatnya di Desa Kasungai. DI dalam Goa terdapat lebih kurang 30 Tengkorak Manusia. Konon goa itu merupakan tempat mengubur orang-orang penganut kepercayaan Animisme sebelum masuknya pengaruh agama Hindi dan Islam di Kerajaan Paser. Di kawasan ini kita dapat menjumpai panorama alam pegunungan yang indak sembari melewati jembatan gantung sebagai sarana penghubung untuk mengakses goa tersebut.

DANAU JEMPANG

Objek Wisata Kalimantan Timur
Danau Jempang
Danau Jempang memiliki luas ± 15.000 Ha merupakan salah satu kekayaan Kabupaten Kutai Barat. Danau Jempang terletak di Kecamatan Jempang. Danau ini banyak mengahasilkan berbagai jenis ikan sebagai penghasilan nelayan. Dengan panoramanya yang sangat eksotis dan air danau yang bersahabat, maka danau ini menjadi pilihan menarik untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti : Lomba perahu dayung, lomba ketinting, tempat upacara adat Pelas Danau. Umumnya rangkaian kegiatan itu dilaksanakn bersamaan dengan berlangsungnya Ehaq Jempang setiap bulan Mei. Pada sore hari, danau jempang sangat menawan untuk dikunjungi. Sambil menumpang ketinting menyusuri permukaan danau pengunjung dapat menikmati sunset.

JANTUR INAR

Objek Wisata Kalimantan Timur
Jantur Inar
Jantur (air terjun) Inar terletak di Kampung Temula, Kecamatan Nyuatan, berjarak ± 30Km dari pusat Kota Sendawar. Jantur Inar menjadi tempat para muda-mudi untuk berwisata sambil mandi di air terjun yang jernih dan sekaligus menemani setiap tetesan air yang mengalir.

JANTUR MAPAN

Objek Wisata Kalimantan Timur
Jantur Mapan
Air terjun Mapan terletak di Kampung Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung. Jantur Mapan terletak di sisi jalan raya Barong Tongkok menuju Linggang Bigung, sehingga, jantur ini menjadi tempat paling populer bagi para remaja untuk melepas lelah sekaligus mandi di air terjun. Dalam area Jantur Mapan terdapat kompleks persembahyangan Goa Maria. Dengan situasi uang alami dan sunyi, tempat ini tepat untuk berdoa dan berziarah di bulan Maria kalender Liturgi Gereja Katolik

PANTAI MELAWAI

Objek Wisata Kalimantan Timur
Sunset di Pantai Melawai
Terletak denkat dengan pusat kota, Melawai adalah tempat alternatif untuk menghabiskan waktu sore hari, saat matahari terbenam pantai Melawai menyajikan pemandangan indah matahari terbenam dengan nuansa keemasan. Disisni pengunjung dapat menikmati hidangan lokal dengan harga yang sangat terjangkau dalam suasana yang santai

PANTAI KEMALA

Objek Wisata Kalimantan Timur
Pantai Kemala
Kemala Beach and Resto, atau lebih dikenal dengan Pantai Polda yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan Selatan, salah satu objek wisata pantai favorit yang berada di dalam kota. Diresmikan oleh Ketua Yayasan Bhayangkari Polda Kaltim Hayati Indarto pada tanggal 26 Agustus 2007. Untuk dapat masuk kawasan pantai yang dikelola Yayasan Bhayangkari Polda Kaltim, tiap pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp 500. Atau, jika menggunakan kendaraan cukup membayar parkir sebesar Rp 1.500.
Salah satu tujuan utama masyarakat kota Balikpapan berkunjung ke Pantai Kemala Beach and Resto karena tempat wisata tersebut letaknya tidak jauh dari pusat kota juga keberadaan pantai tersebut sangat mudah untuk dijangkau. Memasuki kawasan pantai Polda, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana teduh dari pepohonan yang rindang dan asri yang dapat menarik perhatian para pengunjung. Sampai terik matahari tak terasa karena keindahan yang dimilikinya. Bukan hanya itu, Pantai Kemala ini buka dari Pukul 08.00 Wita sampai Pengunjung dapat menikmati suasana pantai hingga pukul 23.00 Wita. Beda halnya dengan pantai-pantai yang lainnya. Sedikitnya ada 15 anggota polisi yang stand by. Yang juga terdiri dari lima orang dari regu saerch and rescue (SAR) Polda Kaltim.

Dari fasilitas yang ada di Pantai Polda, selain menawarkan keindahannya pantai Polda juga menawarkan berbagai permainan yang bisa di sewa oleh para pengunjung Misalnya menyediakan Banana boat, dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.25 ribu perorang, pengunjung dengan ditarik speedboat dapat berkeliling sekitar laut pantai Polda, atau pilihan lain berwisata dengan menyewa jetski. Namun pengunjung harus mengeluarkan dana cukup besar, kemungkinan dipatok seharga Rp.800 ribu, pengunjung dapat menggunakan jetsky selama 1 jam lamanya.
Juga adanya empat resto di sana. Yakni, Dapoer Bunda, Kumala Beach, Alexa Resto dan Ambalat Café, yang menawarkan aneka kuliner dari bermacam-macam daerah dan masakan khas Eropa. Keindahan yang diberikan Resto terlihat sangat eksotik dan elegen karena diberikannya nuansa Bali sehingga pengunjung merasa berada seperti di Bali. Tidak hanya terpuaskan diperut, tetapi mata pun terpuaskan dengan pemandangan yang menakjubkan, Belasan meja makan tertata rapi tepat menghadap bibir pantai.
Di Panta Polda atau Kemala Beach dan Resto bukan hanya sebagai obyek tempat wisata melainkan juga dapat di jadikan tempat untuk ajang lomba, upacara adat (tradisional), dan acara resmi maupun non resmi. Karena di Pantai Polda telah menyediakan fasilitas yang terjamin untuk acara-acara seperti ini. Tidak perlu repot lagi mengurus segala sesuatunya, karena telah di permudah dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

PULAU DERAWAN

Objek Wisata Kalimantan Timur
Keindahan Pulau Derawan
Pulau tersebut termasuk dalam wilayah kecamatan pulau derawan. Pulau derawan ke pulau sangalaki memakan waktu 1 jam perjalanan dengan menggunakan speed boat. Nama pulau pulau menumbar, pulau kakaban, pulau pemana, pulau sambit, pulau bakungan, pulau inaka dan pulau maratua. Di perairan sekitar pulau pulau tersebut terhampar karang laut yang sangat indah , jenis ikan hias, juga terdapat ikan duyung, kepiting, kenari, penyu hijau dan mutiara alam. Kepulauan ini mempunyai potensi laut yang sangat kaya dan menurut para ahli bahwa keindahan taman laut dengan keanekaragaman biota laut yang hidup di perairan kepulauan derawan termasuk nomer 3 (tida) di dunia.

Pulau Derawan sejak tahun 1993 di kelola oleh PT. Bhumi Manimbora Interbuana dengan fasilitas :cottage, alat selam, speedboat, restoran. Pulau Sangalaki dikelola oleh perusahaan “Sangalaki Drive Lorge” sebuah perusahaan dari Malaysia kerja sama dengan pemerintan kabupaten berau. Fasilitas alat alat selam speedboat,cottage dll. Bagi turis yang ingin tinggal di losmen/penginapan milik masyarakat juga tersedia di desa pulau derawan. Keseniannya yang terkenal tari dalling, sekayan dan igal. Kemudahan mengunjungi obyek wisata bahari ini menggunakan pesawat terbang samarinda tanjung redep atau kapal laut samarinda tanjung redeb kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pesawat terbang atau kapal laut lalu melanjutkan dengan speed boat ke pulau derawan.

Sumber  :  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur
Ads go here

Comments

  1. I wish to say that this post is awesome, nice written and include almost all important info’s. I’d like to see more posts like this.

    ReplyDelete