Patung Liberty Di USA

Patung Liberty (Statue of Liberty), terletak di muara Sungai Hudson di Pelabuhan New York, Pulau Liberty, Amerika Serikat.
Patung Liberty adalah sebuah patung berukuran raksasa, yang merupakan sebuah simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.
Patung Liberty adalah salah-satu simbol kebanggan Kota New York dan khususnya bagi Negara Amerika Serikat, patung ini telah menjadi simbol yang paling terkenal di seluruh dunia, patung ini melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan.
Nama yang sebenarnya dari patung ini adalah Liberty Enlightening the World yang artinya adalah Liberty Yang Menyinari Dunia. Patung ini digambarkan sebagai seorang wanita yang sedang membebaskan diri dari belenggu tirani dengan tangan kanan yang sedang memegang sebuah obor dengan api yang menyala, ini melambangkan sebuah kebebasan. Sementara tangan kirinya memegang sebuah buku dengan tulisan July 4, 1776 (dengan tulisan angka Romawi) yang merupakan hari kemerdekaan Amerika. Patung wanita ini mengenakan jubah yang menjuntai dan tujuh bayangan dari paku besar pada mahkotanya adalah melambangkan tujuh samudera dan benua.
Patung yang bernama Patung Liberty ini adalah hadiah dari Negara Perancis untuk Amerika Serikat, yang diberikan dalam rangka memperingati seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan sekaligus merupakan sebuah ungkapan persahabatan dari rakyat antara kedua negara tersebut. Patung ini diberikan pada akhir abad ke-19, yaitu pada tanggal 28 Oktober 1886.
Dalam perkembangannya, Patung Liberty telah menjadi sebuah simbol Internasional sebagai perlambang dari sebuah kebebasan.

Sejarah Pembuatan Patung Liberty
Untuk pertama kalinya Patung Dewi Kemerdekaan ini dibuat dan disusun di Perancis pada tahun 1874. Patung ini di disain oleh pemahat dari Perancis, yaitu Frédéric Auguste Bartholdi dan selesai pada bulan Juli tahun 1884.
Setelah selesai pembuatan dan penyusunannya, patung tersebut kemudian dibongkar dan dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika Serikat. Setelah sampai di Amerika Serikat, patung tersebut kemudian disusun kembali di Bedloe’s Island, di mulut pelabuhan Kota New York.
Dalam prosesnya, ternyata pengepakan Patung Liberty ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga Patung Liberty baru bisa diresmikan oleh Presiden Amerika Grover Cleveland pada tanggal 28 Oktober 1886, yaitu sepuluh tahun setelah hari ulang tahun kemerdekaan Amerika Serikat yang ke seratus.
Patung Liberty tingginya adalah 46 meter, beratnya 204 ton. Patung Liberty berdiri diatas landasan setinggi 47 meter, sehingga jika dihitung tingginya dari dasar landasannya, maka patung ini memiliki tinggi sampai 93 meter. Landasan Patung liberty ini didisain oleh Richard Morris Hunt dengan menggunakan bahan dari beton dan granit.
Bagian luar dari patung ini terbuat dari pelat tembaga setebal 2,4 mm (0.01 in) yang dipasangkan pada rangka bajanya, rangka baja ini mempunyai fungsi utama sebagai struktur penyangga bagian dalam patung. Perancang struktur baja penyangga dalamnya adalah Alexandre Gustave Eiffel (Desainer yang merancang Menara Eiffel).

Berkunjung Ke Patung Liberty
Patung Liberty berada di Pelabuhan New York, di Pulau Liberty. Liberty (bahasa Inggris), yang artinya adalah kemerdekaan, kebebasan. Berkunjung ke Amerika Serikat terasa belum lengkap kalau belum melihat Patung Liberty, karena Patung Liberty adalah mencerminkan wajah Amerika dengan kemerdekaannya, kebebasannya dan kekuatan ekonominya.
Untuk berkunjung ke Pulau Liberty telah disediakan fery yang berangkat setiap jam dan waktu perjalanan ± 45 menit. Kapal fery mulai berangkat dari jam 09.00 pagi sampai jam 04.00 sore menuju Pulau Liberty.
Waktu kunjungan ke Patung Liberty dibuka setiap hari, mulai dari jam 09.00 pagi sampai jam 05.00 sore.
Share on Google Plus

About anton cabon

Terimakasih kepada Webmaster Uongjowo atas izin re-post konten asli yang ada di blog ini "Biographical Info" of New Technology Blog.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment