Tempat Wisata Cirebon


Kota Cirebon adalah merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Cirebon terletak di pesisir utara Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya.

Berikut ini adalah beberapa objek wisata atau tempat rekreasi yang bisa anda kunjungi di Cirebon Jawa barat.


Keraton Kanoman.


Objek wisata ini berjarak 600 meter ke arah utara. Akses jalannya harus melalui pasar tradisional yang mengasyikan untuk berbelanja oleh-oleh Cirebonan, sehingga wisatawan yang senang membeli oleh-oleh tidak perlu jauh-jauh mencari toko oleh-oleh, karena segalanya telah tersedia di dalam pasar tersebut. Kraton Kanoman adalah hasil dari pemekaran Kraton Pakungwati setelah Panembahan ratu II alias Pangeran Mas Karim wafat pada tahun 1677 masehi, atas kesepakatan dan kemufakatan melalui kebijakan Sultan Banten, Pangeran Ageng Tirtayasa, maka Kraton Kasepuhan bagi PR Samsudin Martawijaya sebagai Sultan Sepuh I, dan Kraton Kanoman dengan PR Muhammad Badridin Kartawijaya sebagai Sultan Anom!. Pelantikan keduanya terjadi pada tahun 1678.


KERATON KACIREBONAN
Keraton ini didirikan pada tanggal 1800, KERATON KACIREBONAN banyak mengoleksi benda-benda peninggalan sejarah seperti Keris Wayang dan juga perlengkapan Perang, Gamelan dan masih banyak lagi. Kraton ini terletak di daerah kelurahan Pulasaren Kecamatan Pekalipan, yakni berjarak 1 Km sebelah barat daya dari Kraton kasepuhan dan + 500 m senelah selatan Kraton Kanoman. Kraton Kacerbonan sebenarnya merupakan sempalan atau pemekaran dari Kraton Kanoman.

Pemekaran itu terjadi setelah Sultan anom IV yakni PR Muhammad Khaerudin wafat, Putra Mahkota yang seharusnya menggantikan tahta diasingkan oleh Belanda ke Ambon karena dianggap sebagai pembangkang dan membrontak belanda. Ketika kembali dari pengasingan tahta sudah diduduki oleh PR. Abu sholeh Imamuddin. Atas dasar kesepakatan keluarga, akhirnya PR Anom MAdenda membangun Istana Kacerbonan, kemudian muncullah sultan Carbon I sebagai Sultan Kacerbonan pertama.

KERATON KASEPUHAN
Keraton ini ddibuat pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II yaitu (cicit dari Sunan Gunung Jati) yang menggantikan tahta dari Sunan Gunung Jati pada tahun 1506, beliau bersemayam di dalem Agung Pakungwati Cirebon.

Keraton ini konon dnamanya adalah Keraton Pakungwati, sedangkan Pangeran Mas Mochammad Arifin bergelar Panembahan Pakungwati I. Dan sebutan Pakungwati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuana yang menikah dengan Sunan Gunung Jati. Klalu diperluas dan diperbaharui oleh Sunan Gunung Jati pada tahun 1483 M.Kini, Keraton Kasepuhan sangat potensial sebagai objek wisata, baik sebagai wisata sejarah maupun wisata budaya, sebagai situs sejarah dan situs budaya dengan nilai estetika religius yang tinggi. Lokasi kraton Kasepuhan terletak di Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Gedung Gereja Santo Yusuf
wisata Gedung Gereja Santo Yusuf berada di Jl. Yos Sudarso yang merupakan salah satu gedung tua yang ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya Kota Cirebon.

Gedung Stasiun Kereta Api Kejaksan
Wisata Gedung Stasiun Kereta Api Kejaksan lokasinya berada di Jl. Kejaksan, merupakan tempat wisata gedung tua Cirebon yang dibangun pertama kali pada 1911.

Kelenteng Bun Sang Tong
wisata Kelenteng Bun Sang Tong Cirebon ini terletak di Jl. Winaon no.26 / 69, yang merupakan salah satu kelenteng paling ramah yang pernah saya kunjungi, dan memiliki ciri yang khas.

Kelenteng Kongcu Bio
Tempat wisata Kelenteng Kongcu Bio Cirebon ini berada di Jl. Talang No. 2 yang letaknya sangat dekat dengan Gedung BAT, serta beberapa gedung tua lainnya di kota Cirebon.

Klenteng Tiao Kak Sie
wisata Klenteng Tiao Kak Sie Cirebon ini terletak di Jl. Kantor No. 2, Kampung Kamiran, Cirebon, di sebelah kiri Gedung Bank Mandiri, dan di seberang kanan Gedung BAT Cirebon.


Makam Keramat Ki Buyut Trusmi
Makam Keramat Ki Buyut Trusmi terletak di Cirebon tepatnya di Kampung Dalem, Desa Trusmi Wetan, Weru, yang letaknya tidak seberapa jauh dari Toko Batik Trusmi Cirebon Jaya Abadi.

Makam Ki Gede Gamel
Makam Ki Gede Gamel terletak di Desa Gamel, Plered, yang terlewati dalam perjalanan dari Makam Sunan Gunung Jati menuju daerah sentra Batik Trusmi.
Share on Google Plus

About anton cabon

Terimakasih kepada Webmaster Uongjowo atas izin re-post konten asli yang ada di blog ini "Biographical Info" of New Technology Blog.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment