TUJUAN WISATA BANGKA BELITUNG


Kepulauan Bangka Belitung merupakan kepulauan yang indah hampir sepanjang pantai, pulau dan dalam laut hampir keseluruhannya adalah objek wisata yang indah, selain itu wisata alam, budaya, kuliner, religius dan lain-lain yang patut kita kunjungi dan nikmati, ini adalah sebagian kecil dari objek wisata yang ada di Prov. Kep. Bangka Belitung.


Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi berjarak 7 Km dari Pangkalpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Pasir Padi ini merupakan satu-satunya kawasan wisata paling ramai yang dikunjungi masyarakat kota Pangkalpinang. Pantai Pasir Padi memiliki karakteristik pantai berpasir putih dengan laut biru tenang. di pantai ini sinar pagi sang surya memancar indah setiap hari, sehingga banyak wisatawan baik dari daerah sekitar, dari berbagai daerah diluar pulau Bangka, bahkan dari mancanegara, mengunjungi pantai pasir padi.
Keunikan Pantai Pasir Padi yang memiliki garis pantai sepanjang 100 hingga 300 m adalah ombak yang tenang dan kontur pasir yang padat, putih dan halus. Oleh sebab itu, pantai ini nyaman untuk pejalan kaki bahkan dapat di lalui oleh kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua.
Pantai yang mempunyai pemandangan alam yang sangat indah ini berada tidak jauh dari Pulau Punan, yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut surut. Selain itu, juga terdapat Pulau Semujur dan Pulau Panjang yang berada sekitar 2,5 Km di perairan Pasir Padi.
Pantai kunjungan wisata yang paling digemari oleh semua tingkat usia ini sangat nyaman untuk mandi atau berjemur, karena kehangatan air lautnya, dan ketenangan ombaknya. Banyak kelompok pengunjung yang sengaja datang untuk bermain bola kaki di pantai. Bagi pemuda yang mempunyai sifat dinamis pantai ini merupakan surga untuk mengadu ketangkasan dan kecepatan bersepeda motor. Bahkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sering menggelar balapan sepeda motor, sebagai penyaluran jiwa dinamis anak-anak muda penggemar kebut-kebutan di jalan raya. Menjelang senja banyak pengunjung datang sekedar untuk menikmati udara sore dan menyaksikan kemeriahan Pantai Pasir Padi. Pantai Pasir Padi sering menjadi tempat penyelenggara acara keagamaan seperti pechun dan acara-acara lainnya.
Untuk menunjang sektor pariwisata Pantai Pasir Padi, sejumlah akomodasi yang berupa hotel berbintang, dengan fasilitas lengkap, seperti restoran, dan ruang konferensi, pameran dan lain-lain, tersedia.

Danau Sekar Biru

Bumi Sejiran Setason Bangka Barat dengan legendanya penuh misteri dihiasi pernik budaya yang unik beragam serta ditunjang oleh pesona alam indah nan menawan.Sebuah desa di daerah Parit Tiga Jebus berjarak 75 Km dari Ibukota Kabupaten Bangka Barat terdapat sebuah kejadian alam yang menajubkan bernama "Danau Sekar Biru".
Sekar Biru berasal dari danau yang berwarna biru. Danau tersebut terjadi karena Tambang Timah UPTB. Danau tersebut ternata agak unik karena airnya berwarna biru lain daripada danau yang lain yang berada di sekitar tempat tersebut tapi bila diambil airnya menjadi warnanya bening. Danau tersebut selalu dijaga oleh masyarakat setempat supaya tidak tercemar terutama Kades Sekar Biru Ibu Roslena.
Dulu sekitar tahun 1992 sekitar danau ini dijadikan bumi perkemahan se-Kabupaten Bangka. Tahun 1992 diadakan perkemahan akhir tahun Prata dan PW se-Kabupaten Bangka. Dari danau inilah mengambil nama desa sekitar danau menjadi Desa Sekar Biru.
Danau ini berada di sekitar Taman Salim Perumnas Desa Sekar Biru Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Beberapa tahun terakhir sekitar danau ini diadakan perlombaan diantaranya Motorcross. Tempat ini memang sangat indah dan menarik dijadikan tempat wisata. Namun danau ini berwarna biru, jadi agak aneh tapi bukan karena legenda apa-apa, hanya peristiwa alam, mungkin pantulan sinar matahari ke dasar kolong yang berdinding tanah kaolin (tanah liat galian timah). Namun walau bagaimana Sekar Biru amat menarik dijadikan objek wisata Bangka Barat.
Selamat berkunjung menikmati keajaiban alam di Parit III Jebus Bangka Barat.

Patai Matras
Pantai Matras yang terletak di Desa Sinar Baru dan berjarak tempuh lebih kurang 20 km dari kota Sungailiat ke arah utara, mempunyai akses yang sangat mudah karena terdapat fasilitas jalan aspal yang mulus dan lebar. Semua jenis kendaraan dapat memasuki pantai hingga ke bibir pantai yang berpasir putih dan landai sepanjang 5 km dari ujung selatan hingga semenanjung di ujung utara. Pantai ini dilatar belakangi pepohonan kelapa dan aliran sungai alami, hingga sering disebut sebagai Pantai Surga.

Panatai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi, atau oleh penduduk lokal juga disebut dengan Pantai Bilik, merupakan salah satu lokasi yang muncul dalam Film Laskar Pelangi maupun Sang Pemimpi.  Terletak sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan, Tanjung Tinggi hanya berjarak sekitar 2 KM dari Pantai Tanjung Kelayang, di Desa Keciput Kecamatan Sijuk.
Pantai Tanjung Tinggi berpasir putih halus, dihiasi tebaran ratusan granit raksasa, dengan air laut berwarna biru kehijauan serta berombak tenang karena pantai ini merupakan sebuah teluk kecil sepanjang <+ 100 meter yang diapit oleh 2 semenanjung. Batu-batu granit yang ada di kawasan Tanjung Tinggi dapat berukuran beberapa ratus kubik. Tumpukan batu-batu granit membentuk bukit-bukit di sepanjang pantai serta lorong-lorong maupun gua-gua kecil dan menyekat-nyekat pantai Tanjung Tinggi. Pengunjung Pantai Tanjung Tinggi selain dapat bermain dengan pasir putih yang lembut atau berenang di pantai yang tenang dan bersih, juga dapat melewati lorong-lorong batu batu granit raksasa ini serta memanjat batu-batu untuk melihat pemandangan Tanjung Tinggi serta berpose untuk diabadikan dengan kamera.
Di Pantai Tanjung Tinggi juga terdapat beberapa warung makan yang menyediakan menu makanan laut dan kuliner lokal seperti "gangan" serta minuman kelapa muda. Warung-warung makan tersebut dikelola oleh masyarakat desa Tanjung Tinggi yang ramah. Tidak jauh dari Pantai, terdapat fasilitas resort berbintang.
Jika meneruskan perjalanan ke timur laut dari kawasan Tanjung Tinggi menyusuri jalan raya, pengunjung dapat melihat Kelenteng Sijuk dan masjid Al Ikhlas, salah satu masjid tertua di Belitung. Setelah itu, dapat meneruskan perjalanan menuju Kampung Bali, sebuah desa Bali di Pulau Belitung, serta menuju kawasan konservasi Gunung Tajam tempat pusat penangkaran Tarsius Bancanus Saltator, binatang khas di Pulau Belitung yang disebut penduduk lokal dengan Pelile'an, yang dikelola oleh NGO setempat.

Pulau Burung

Karena bibir pantai pulau terdapat bongkahan bebatuan yang bentuknya menyerupai paruh seekor burung, maka masyarakat disekitar pulau ini menyebutnya sebagai Pulau Burung Pulau. Pulau ini terletak di Kecamatan Sijuk dan masih berdekatan dengan objek wisata Pantai Tanjung Kelayang. Untuk mencapai ke pulau ini diperlukan perahu mesin yang bisa di sewa pada nelayan setempat.

Pulau Punai



Pantai Pulau Punai merupakan pantai yang terletak paling ujung dibagian selatan Pulau Belitung, yaitu di Desa Tanjung Kelumpang, Simpang Pesak, Belitung Timur. Letaknya ± 18 Km dari Kecamatan Dendang atau 93 KM dari Tanjung Pandan. Pantai Punai memiliki karakteristik pantai berpasir dengan laut biru yang tenang dengan panorama pohon kelapa disepanjang pesisirnya, dengan karakter pantai tersebut sungguh cocok untuk berenang, memancing dan snorkeling.



Pantai Batu Betumpang



Pantai Batu Betumpang terletak di Desa Batu Betumpang Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan, berjarak sekitar 135 km dari Kota Toboali dan dapat ditempuh selama1,5 jam perjalannan dengan kendaraan roda dua dan roda empat.


Sumber : www.visitbangkabelitung.com


Share on Google Plus

About anton cabon

Terimakasih kepada Webmaster Uongjowo atas izin re-post konten asli yang ada di blog ini "Biographical Info" of New Technology Blog.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment