Tempat Wisata Blitar


Seperti dikutip situs wikipedia.org, Blitar merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan kabupaten Blitar terletak di Kota Kanigoro setelah sebelumnya satu wilayah dengan Kota Blitar.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata di Blitar yang mungkin ada diantaranya yang belum anda kunjungi ketika waktu liburan panjang kemarin.

Pantai Tambakrejo

Wisata Pantai Tambakrejo merupakan sebuah tempat rekreasi berupa pantai di Desa Tambakrejo, Wonotirto, 30 km dari Kota Blitar, untuk melihat upacara larung sesaji di setiap bulan Suro, menikmati debur ombak Laut Selatan, matahari terbenam, dan lain sebagainya.

Pantai Jolosutro 

Pantai Jolosutro adalah sebuah tempat rekreasi berupa pantai yang bisa anda kunjungi keberadaannya di Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, sekitar 45 km dari Kota Blitar, dengan ombak Laut Selatan yang masih bisa untuk berenang, berjemur, memancing, atau naik perahu.

Pantai Serang 

Objek wisata bertajuk pantai yaitu Pantai Serang Blitar terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, sekitar 40 km dari Kota Blitar, sering digunakan untuk memperkirakan awal bulan Ramadhan dan menentukan Hari Raya Idul Fitri.

Candi Sawentar 

Wisata Candi Sawentar ini bisa anda kunjungi di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, di timur Blitar, dibuat abad ke-13, terletak beberapa meter di bawah tanah karena lokasi ini pernah terpendam lahar Gunung Kelud.

Candi Plumbangan 

Tempat rekreasi bersejarah Candi Plumbangan ini terletak di tengah Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, tidak jauh dari Jalan Raya Malang – Blitar, bertuliskan saka 1312 (1390 M), memiliki pintu masuk dan atap berbentuk trapesium.

Candi Rambut Monte 

objek wisata Candi Rambut Monte ini terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, sekitar 30 km dari kota Blitar, berupa candi Hindu dari jaman Majapahit. Terdapat sumber air jernih dihuni ratusan ikan langka .

Candi Penataran 

Objek wisata Candi Penataran ini berada di lereng barat daya Gunung Kelud pada ketinggian 450 mdpl, di Desa Panataran, Kecamatan Nglegok, 12 km dari Blitar. Dari Malang belok kanan di pertigaan Desa Garum.

Makam Bung Karno
Makam Bung Karno ini terletak di Kelurahan Bendogerit, Sananwetan, 2 km dari Blitar, bergaya Joglo Jawa Timuran, gerbang candi Bentar, terdiri dari cungkup makam Bung Karno, Gapura, Masjid dan Bangsal.

Makam Aryo Blitar
Makam Aryo Blitar adalah sebuah makam bersejarah yang bisa anda temukan di Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo, sekitar 2 km dari Kota Blitar, yang merupakan makam adipati pertama daerah Blitar.

Grojogan Coban Wilis
Objek wisata Grojogan Coban Wilis ini terletak di kawasan Gunung Kelud, setinggi 100 m, dengan akses kurang baik melalui Kota Wlingi, Desa Semen, Patok Wesi (motor sampai di sini), dan lanjut jalan kaki dua jam.

Monumen PETA
Wisata bersejarah Monumen PETA ini terletak di depan bekas markas PETA, di Jl. Soedanco Soepriyadi, sebagai peringatan pemberontakan tentara PETA melawan tentara Jepang yang di pimpin Soedanco Soepriyadi.

Perpustakaan Bung Karno
Wisata sejarah Perpustakaan Bung Karno ini terletak di Jl. Kalasan No. 1, Blitar, di dalamnya terdapat patung Bung Karno serta relief perjalanan hidup Bung Karno.

Sumber Udel
Wisata Sumber Udel bisa anda temukan di Jl. Kali Brantas, Kota Blitar, berupa kolam renang dewasa dan anak-anak, yang dilengkapi dengan tempat bermain anak-anak dan panggung gembira.

Kebon Rojo
Wisata Kebon Rojo ini terletak di kompleks rumah dinas Walikota Blitar, dengan koleksi hewan dan tanaman langka, tempat bermain, tempat bersantai, panggung apresiasi berlatar tugu Satu Abad Bung Karno.

Istana Gebang
objek wisata Istana Gebang ini terletak di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar, yang merupakan rumah tempat tinggal orang tua Bung Karno. Setiap tahun diadakan acara haul yang diramaikan dengan acara kesenian.

Desa Agro Wisata Karangsari
Desa Agro Wisata Karangsari merupakan sebuah tempat berlibur yang cukup terkenal yang keberadaannya terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, dengan kebun belimbing berukuran besar berwarna kuning kemerahan dengan rasa yang manis.

Gua Embultuk
Gua Embultuk merupakan sebuah tempat wisata berupa gua yang terletak di Desa Tumpakkepuh, Bakung, 40 km dari Blitar, dengan panjang 1.500 m, lebar dan tinggi 3 m, penuh stalagmit dan stalaktit, harus memakai lampu petromak dan pakaian ganti.
Ads go here

Comments