Niagara Kecil Bandung Barat

Ingin lihat miniatur  air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat, coba Anda sempatkan datang ke Curug Malela  yang berada di Kab. Bandung Barat Kec. Rongga Desa, Cicadas. Yup, penampilannya memang sedikit mirip dengan Air Terjun Niagara di negeri Paman Sam sana, tapi air terjun di selatan kota Bandung Jawa Barat ini ini memang lebih kecil namanya juga miniatur.
Berbeda dengan air terjun Niagara yang sengaja dibentuk oleh tangan manusia, Curug Malela ini terbentuk  oleh proses alami selama jutaan tahun yang lalu. Curug Malela ini berada pada aliran sungai yang mengalir dari Ciwidey melalui sungai Cidadap yang selanjutnya bermuara di Cisokan. Curug Malela berada pada relief terjal plateau Rongga. Dimana relief tersebut membentuk lembah-lembah terjal dengan kemiringan lebih dari 100%  atau dengan  sudut kemiringan lebih dari 45 derajat.
Syahdan, keberadaan relief terjal plateau inilah yang membuat medan tempuh untuk sampai di Curug Malela sedikit melelahkan karena medannya berupa lereng lereng bukit . Dilihat dari morfologi batuannya Curug ini menunjukkan bebatuan besar yang sangat keras dengan dinding-dinding tegak yang licin.
foto:travel.detik.com
Bebatuan yang ada tersebut selanjutnya mendapat pergeseran secara signifikan yang dipengaruhi lempeng lokal pada jutaan tahun yang lalu. Maka terbentuklah Curug Malela dengan ketinggiannya yang mencapai sekitar 70 m dan lebar sekitar 100 m dan beberapa curug lainnya yang berada di daerah aliran sungai cidadap tersebut.
 Ada 7 curug dengan aliran air yang sama tetapi dengan keindahan yang berbeda-beda. Ketujuh curug tersebut mempunyai nama tersendiri seperti Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Sumpel, Curug Ngebul, Curug Palisir dan Curug Pameungpeuk
Namun di sisi lain, relief terjal plateau ini membuat panorama keindahan alam begitu mempesona. Dimana lanskap yang terbentuk dari relief tersebut, menjadikan pemandangan indah dengan rimbunnya pepohonan berdaun hijau.
foto:disparbud.jabarprov.go.id
Kawasan Curug Malela sudah menjadi objek wisata kota Bandung dan Cianjur bahkan terkenal hingga luar kota. Tak lupa disarankan bila mengujungi Curug Malela tidak pada saat musim hujan, bersikap ramah dengan warga setempat dan membawa kendaraan pribadi karena disana tidak terdapat kendaraan umum.(berbagai sumber)
Ads go here

Comments