Simbol Kecantikan Para Bangsawan Suku Dayak Diukur Panjang Telinga

Tak cuma suku pedalaman luar negeri yang mempunyai ciri khas tersendiri dalam menyimbolkan kecantikan seorang wanita Di Indonesia, Anda juga bisa menmperolehnya pada Suku Dayak, Kalimantan.
Di suku ini, symbol wanita yang dipandang cantik adalah mereka yang mempunyai telinga panjang.
Hampir serupa dengan yang dilaksanakan oleh para leluhur Suku Kayan di Thailand terhadap keturunan penerus mereka. Adat istiadat yang dijaga secara turun temurun ini sudah dimulai sejak wanita Suku Dayak masih bayi dan cuma dilakukan oleh mereka yang berasal dari keluarga para bangsawan.
Layaknya menggunakan anting-anting di telinga, wanita Suku Dayak juga melaksanakan hal serupa. Bedanya, anting yang mereka pakai terbuat dari kuningan yang selalu ditambah jumlahnya, semakin berat antingnya, maka telinga akan semakin panjang.

Sayangnya, sekarang ini sudah sangat jarang keturunan penerus yang mengabadikan telinga panjang ini. Argumentasinya pun beragam, tetapi kebanyakan mengaku mereka sering diejek ketika berada di sekolah. Suku Dayak yang mempunyai adat istiadat di antaranya ialah Dayak Iban, Dayak Punan Dayak Kayaan, Dayak Taman.
Share on Google Plus

About anton cabon

Terimakasih kepada Webmaster Uongjowo atas izin re-post konten asli yang ada di blog ini "Biographical Info" of New Technology Blog.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment